UNS Fintech Center Updates

WCP Series 2: Aplikasi STATA dalam Riset Keuangan, Perbankan, dan Akuntansi

Pusat Unggulan Ipteks Perguruan Tinggi (PUI-PT), Center for Fintech and Banking UNS (UNS Fintech Center) mengadakan workshop bertemakan “STATA for Various Empirical Studies in Finance, Banking, and Accounting” pada hari Jumat (11/09/2020). Workshop yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting tersebut dan menghadirkan tiga pembicara yaitu Prof. Siong Hook Law (Universiti Putra Malaya, Malaysia), Dr. Tastaftiyan Risfandy, Ph.D (Universitas Sebelas Maret, Indonesia), dan Aldy Fariz Achsanta, M. Rech (University of Limonges, Perancis)

Dipandu oleh Dewanti Cahyaningsih M.Rech, acara dibuka oleh sambutan Kepala UNS Fintech Center, Dr. Irwan Trinugrogo, Ph.D. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa workshop kali ini merupakan workshop kedua dalam rangkaian program World Class Professor (WCP) yang diselenggarakan oleh PUI-PT UNS Fintech Center. Beliau berharap workshop ini dapat memberikan manfaat kepada semua peserta mengenai penggunaan STATA secara lebih jelas.

Setelah kata sambutan dari  Kepala UNS Fintech Center, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh pembicara yang pertama, yaitu Prof. Siong Hook Law. Dengan materi berjudul “Panel Data Analysis in Banking, Finance, Accounting Workshop: Short Panels (Micro Panels)”, Prof. Siong menjelaskan mengenai cara menganalisis data menggunakan dynamic panel GMM estimater. Lebih lanjut, beliau memaparkan bahwa salah satu masalah besar dalam analisis data adalah adanya standard errors yang bias. Standard errors dapat menjadi bias ketika variabilitas yang sebenarnya dari perkiraan koefisien tidak diperhatikan dengan teliti. “Jika standard errors bias, maka membuat kesimpulan berdasarkan standard errors tersebut adalah tidak tepat,” ujar Prof. Siong ketika memaparkan pentingnya menggunakan metode yang tepat untuk memperkirakan standard errors. Selanjutnya Prof. Siong juga menjelaskan langkah-langkah menganalisis data melalui STATA secara lengkap dan disertai dengan contoh command di setiap langkahnya.

Setelah materi dari Prof. Siong Hook Law, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh pembicara berikutnya, Dr. Tastaftiyan Risfandy, Ph.D. Dengan materi berjudul “Hausman-Taylor Regression with STATA”, beliau memaparkan mengenai penggunaan STATA menurut model The Hausman and Taylor. “Di STATA, untuk mengekstrak data cukup dengan menggunakan command [webuse psidextract] lalu data akan secara otomatis masuk ke perangkat komputer tanpa harus copy paste data ke excel,” jelas Dr. Tastaftiyan mengenai kelebihan STATA dibanding software lainnya. Selain dapat secara otomatis mengekstrak data, STATA juga dapat mengidentifikasi variabel mana yang merupakan time-invariant atau time-variant hanya dengan menentukan variabel endogeneousnya.

Selanjutnya pemaparan materi disampaikan oleh narasumber ketiga, Aldy Fariz Achsanta, M.Rech dengan judul “Event Study using STATA”. Beliau memaparkan mengenai penggunaan STATA dalam event study. Aldy menjelaskan bahwa event study digunakan untuk mengukur efek dari sebuah aksi perusahaan seperti pinjaman bank, merger perusahaan, atau pengumuman laba perusahaan. Event study juga dapat digunakan untuk mengetahui hubungan antara pengaruh harga saham dengan kejadian yang tidak terduga. Di akhir sesi, Aldy turut menjelaskan langkah-langkah dalam melakukan event study dengan menggunakan STATA.

Setelah penyampaian materi dari semua pembicara selesai, peserta workshop berkesempatan untuk memberikan pertanyaan melalui Zoom chatbox. Beberapa pertanyaan terpilih kemudian dibacakan oleh moderator untuk ditanyakan langsung kepada pembicara.