UNS Fintech Center Updates

UNS Fintech Center Bagikan Tips Publikasi Dalam Seri Webinar World Class Professor Program

UNS Fintech Center-Pusat Unggulan Ipteks Perguruan Tinggi (PUI-PT) Center for Fintech and Banking UNS (UNS Fintech Center) kembali mengadakan workshop dalam rangkaian program World Class Professor (WCP). Workshop kali ini bertemakan “How to Write a Paper for Publication” dan diselenggarakan pada hari Jumat (25/09/2020) serta dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. Dalam workshop ini, hadir tiga pembicara yaitu Assoc. Prof. Dr. Mariani Abdul-Majid (Universiti Kebangsaan Malaysia, Malaysia), Prof. Doddy Setiawan (Universitas Sebelas Maret, Indonesia), dan Prof. Siong Hook Law (Universiti Putra Malaya, Malaysia).

Dimoderatori oleh Agista Prameswari, acara dibuka dengan penyampaian materi oleh Prof. Dr. Mariani berjudul “How to Write a Paper for Publication”, beliau menjelaskan mengenai langkah-langkah dalam menulis jurnal. Lebih lanjut, beliau juga memaparkan mengenai struktur jurnal secara lengkap dan rinci. “Beberapa jurnal memiliki struktur yang berbeda, sehingga penting untuk melihat channel mana yang akan dipilih,” terang Prof. Mariani. Beliau juga menekankan bahwa sebelum memulai untuk menulis jurnal, diperlukan adanya plan yang jelas untuk memudahkan pengerjaan jurnal.

Setelah materi dari  Prof. Mariani, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh  Prof. Doddy Setiawan, dengan materi berjudul “Selecting Publication Outlet”. Prof. Doddy menjelaskan mengenai beberapa poin penting dalam pemilihan jurnal untuk publikasi. Beliau menjelaskan tahap pertama dalam mencari jurnal adalah dengan menentukan jurnal yang memiliki tujuan dan cakupan yang selaras dengan artikel yang ditulis.  “Dengan menemukan jurnal yang tepat, maka probabilitas artikel kita untuk diteruskan kepada reviewer menjadi lebih besar,” jelas Prof. Doddy. Beliau menambahkan bahwa sebuah artikel harus mengikuti standar dan template yang telah disediakan oleh jurnal sehingga peluang untuk lolos publikasi menjadi lebih besar.

Pembicara terakhir, yaitu Prof. Siong Hook Law menyampaikan materi berjudul “How to Respond to Reviewer Reports”. Prof. Law menjelaskan mengenai langkah dalam merespons laporan dari reviewers. “Kita harus berterimakasih kepada editor yang telah memberikan kesempatan sehingga kita dapat merevisi jurnal kita,” ujar Prof. Law. Beliau juga menjelaskan mengenai langkah-langkah dalam merevisi jurnal hingga mengirim ulang jurnal yang telah direvisi.

“Jangan melakukan plagiarisasi, karena terdapat turnitin yang dapat mengecek dan melihat berapa persen plagiarisasi dari sebuah jurnal, usahakan untuk melakukan parafrase kalimat,” jelas Prof. Law dalam pemaparannya mengenai strategi menulis jurnal. Beliau juga menjelaskan bahwa sebuah jurnal setidaknya memiliki 25-28 paragraf dengan setiap paragraf terdiri dari 16-17 baris, serta tidak terdiri lebih dari 40 halaman.

Setelah penyampaian materi dari semua pembicara selesai, peserta workshop berkesempatan untuk menyampaikan pertanyaan melalui Zoom chatbox. Beberapa pertanyaan terpilih kemudian dibacakan oleh moderator untuk ditanyakan langsung kepada pembicara. Workshop yang berlangsung selama 3 jam dan diikuti oleh 70 peserta ini berlangsung interaktif dengan banyaknya pertanyaan yang masuk.