UNS Fintech Center Selenggarakan Sharing Session Bersama Erasmus+ Program

Fintech Update – Pusat Unggulan Ipteks Perguruan Tinggi (PUI PT) Center for Fintech and Banking Universitas Sebelas Maret (UNS Fintech Center) menyelenggarakan sharing session bersama perwakilan Uni Eropa untuk Indonesia, Brunei Darusalam, dan Asia, dan dua pengelola program Erasmus+ OPTBANK dari Indonesia dan Perancis. Acara yang diselenggarakan secara daring melalui Zoom Cloud Meeting platform dilaksanakan pada hari Jumat (21/01/2022) dan dihadiri oleh peserta dari berbagai universitas di Indonesia.

Acara yang dibuka oleh Wakil Rektor bidang Perencanaan, Kerjasama, Bisnis, dan Informasi UNS, Prof. Dr. rer.nat Sajidan,M.Si. ini mengundang tiga narasumber. Pembicara pertama dari perwakilan Uni Eropa untuk Indonesia, Brunei Darusalam, dan Asia, Destriani Nugroho, menjelaskan proses-proses yang harus dilalui oleh universitas yang tertarik untuk mendaftar dalam program Erasmus+. Ibu Desrtriani Nugroho juga memberikan penjelasan terkait tujuan dan jenis-jenis program yang didanai oleh Uni Eropa bagi universita-universitas di negara ketiga.

Materi kedua dalam sharing session ini disampaikan oleh Dr. Ruth Tacneng dari Universite de Limoges sebagai pengelola program Erasmus+ OPTBank dan mitra dari universitas eropa dalam program yang sama. Dr. Ruth membagikan pengalamannya dalam mengelola program Erasmus+ yang bekerjama dengan UNS dan sejumlah universitas di Indonesia dan Eropa. Sebagai koordinator bagi universitas Eropa dalam program tersebut, Dr. Ruth juga menjelaskan kriteria-kriteria bagi awards yang diberikan oleh Uni Eropa bagi pelaksanaan program Erasmus+.

Pembicara terakhir dalam sharing session ini adalah Dr. Putra Pamungkas sebagai perwakilan dari koordinator program Erasmus+ OPTBank bagi universitas di Indonesia. Selaras dengan penjelasan Dr. Ruth, Dr. Putra membagikan pengalamannya sebagai koordinator dalam program tersebut serta tantangan-tantangan yang dialami. Dr. Putra menekankan bahwa keberagaman dalam konsorsium yang terbentuk merupakan suatu hal yang sangat penting.

 

Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab Bersama seluruh pembicara yang dipimpin oleh Dewanti Cahyaningsih. Sharing session ini diharapkan dapat bermanfaat bagi seluruh peserta dan meningkatkan jumlah aplikasi pada program Erasmus+ dari universitas di Indonesia, mengingat pentingnya dampak yang diberikan oleh program tersebut, sesuai dengan harapan Prof. Sajidan dalam pembukaannya.

“Semoga info session ini dapat bermanfaat bagi seluruh peserta sehingga dapat mengirimkan aplikasi pada program CBHE,” ujar Prof. Sajidan. Fintech Media Team

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *